Ketergantungan Masyarakat Indonesia Terhadap Energi Migas dalam Sektor Perekonomian Indonesia

Indonesia merupakan Negara yang memiliki sumber daya alam atau energi yang sangat melimpah. Mulai dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui hingga sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Lalu, sumber daya alam atau energi dapat memenuhi kebutuhan hidup manusia dan juga menyejahterakan manusia. Salah satu sumber daya alam yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia bahkan negara-negara di dunia adalah minyak bumi dan gas bumi. Apalagi masyarakat di Indonesia sering bergantung kepada minyak bumi dan gas bumi untuk melakukan aktivitas seperti kegiatan industrialisasi, industri makanan, hingga keperluan rumah tangga.
Akan tetapi jika masyarakat Indonesia sering bergantung kepada minyak dan gas bumi maka lama-kelamaan mengakibatkan pasokan minyak dan gas bumi akan berkurang bahkan habis di pasaran. Sehingga terjadilah krisis perekonomian di Indonesia. Oleh karena itu maka kita perlu mencari solusi untuk mengatasi hal tersebut. Solusi tersebut yang paling ampuh adalah menggunakan energi alternative pengganti minyak dan gas bumi.
Indonesia merupakan Negara yang sangat kaya akan sumber daya alam yang melimpah ruah di seluruh penjuru Nusantara. Mulai dari sumber daya alam hayati atau dapat diperbaharui seperti hewan dan tumbuhan hingga sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui atau kekayaan yang berasal dari perut bumi atau disebut juga bahan tambang seperti minyak bumi, batu bara dan lain-lain. Oleh sebab itu, di mata dunia Indonesia adalah Negara kedua setelah Negara Brazil yang memiliki tingkat biodiversitas tertinggi. Kekayaan alam Indonesia yang sangat melimpah dapat dibuktikan dengan beberapa faktor, di antaranya:
1.Dari segi astronomis, bahwa Negara Indonesia terletak diantara 60LU-110LS dan 950BT-1410BT yang merupakan daerah tropis. Hal tersebut menyebabkan Negara Indonesia memiliki curah hujan yang sangat tinggi sehingga banyak makhluk hidup yang cepat tumbuh dan berkembang.
2.Dari segi geologis, Indonesia terletak di daerah lempengan tektonik sehingga banyak sekali kekayaan alam yang ada di dalam perut bumi dan juga banyak pegunungan yang kaya akan mineral.
3.Negara Indonesia memiliki perairan yang sangat luas hamper 7,9 km2, menjadikan Negara kita tercinta disebut sebagai Negara Maritim. Selain itu, Negara Indonesia termasuk Negara yang memiliki banyak sekali derah pertanian dan perkebunan sebagai akibat tanah yang subur , sehingga Indonesia menjadi Negara agraris.
Salah satu sumber daya alam yang akan saya bahas adalah minyak bumi dan gas bumi (Migas). Minyak bumi dan gas bumi merupakan bahan tambang yang terkandung di dalam perut bumi yang berasal dari pelapukan sisa-sisa fosil dari hewan dan tumbuhan yang sering disebut sebagai bahan bakar fosil . Proses terbentuk minyak dan gas memerlukan waktu yang sangat lama. Oleh karena itu, minyak bumi dan gas bumi merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (unrenewable). Hasil dari proses pelapukan tersebut terbentuklah minyak bumi dan gas bumi dalam suatu perangkap atau trap. Dalam trap ada gas bumi berada di atas, minyak di tengah dan air berada di bagian bawah. Selain itu juga produk-produk minyak bumi dan gas bumi sangat banyak seperti gas LPG, minyak tanah, paraffin, pelumas, aspal, LNG, dan lain-lain.
Sebelum itu, apa yang dimaksud dengan sumber daya alam? Sumber daya alam adalah semua keadaan lingkungan dan juga bahan mentah yang dapat untuk dimanfaatkan oleh manusia untuk mencapai kesejahteraan yaitu terpenuhinya segala kebutuhan hidup manusia itu sendiri.1) Dari pengertian tersebut dapat kita ketahui bersama bahwa segala sesuatu yang merupakan sumber daya alam atau energi yang terkandung di dalam bumi ini dapat kita manfaatkan untuk memenuhi segala kebutuhan hidup salah satunya energi minyak bumi dan gas bumi. Pemakaian energi global akan bertambah 40 % hingga mencapai 6 x 1020 joule hingga tahun 2020 (seiring pertumbuhan penduduk maka terjadilah pertumbuhan ekonomi). Sebagian besar pertumbuhan ekonomi berasal dari ketergantungan akan bahan bakar fosil yakni minyak bumi, gas bumi, dan juga batu bara. Indonesia menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang diperlukan sebagai kegiatan industrialisasi dan kegiatan rumah tangga apalagi banyak yang dibutuhkan untuk industri-industri makanan.
Akan tetapi, ketergantungan minyak dan gas bumi yang ada di Indonesia sangatlah tinggi. Bahkan tingkat konsumsi migas hingga mencapai 50 %. Padahal seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa migas adalah bahan bakar fosil yang tidak dapat diperbaharui dan dalam pemanfaatnnya seringkali menimbulkan efek rumah kaca. Dan lama-kelamaan kalau kita sering menggunakan produk-produk minyak bumi dan gas bumi maka persediaan minyak bumi dan gas bumi di dalam perut bumi sedikit demi sedikit akan berkurang bahkan akan habis pada tahun 2040. Apalagi jika hal itu terjadi maka tidak dimungkinkan sektor perekonmian Indonesia pun akan terjadi krisis berkepanjangan. Banyak industri-indutri rumah tangga yang bangkrut dan industri-industri akan mogok beraktivitas. Diperparah lagi masyarakat akan mengalami kelaparan dan kemiskinan karena meskipun migas tersedia sedikit, dan untuk membelinya akan membutuhkan biaya yang sangatlah mahal.

1)Pengertian sumber daya alam menurut Isaard
Karena ketersediaan minyak bumi dan gas bumi sangatlah berpengaruh pada sektor ekonomi di Indonesia, maka ketika ketersediaan minyak dan gas bumi tinggallah sedikit, kita seharusnya mencari solusi yang terbaik dalam mengatasi kejadian tersebut. Salah satu solusi yang tepat adalah menggunakan bahan bakar alternatif migas dengan biofuel. Pengembangan energi alternatif biofuel di Indonesia di dukung oleh kondisi iklim tropis yang memiliki curah hujan sangat tinggi, ketersediaan lahan yang masih luas, serta sumber daya manusia yang memadai. Salah satu contoh tanaman yang bisa dijadikan biofuel adalah tanaman jarak pagar, kemiri dan kelapa sawit. Kelebihannya pun sangat banyak, pertama tanaman-tanaman tersebut mudah dibudidayakan di Indonesia dan mudah didapat, emisi yang dikeluarkan sangat kecil dan harganya pun sangat murah. Apalagi dengan adanya pengembangan biofuel dapat membantu meningkatkan dan memperbaiki sector perekonomian di Indonesia. Hasil pengolahan tanaman-tanaman tersebut menjadi bahan bakar migas dapat dijual ke sektor perindustrian dan rumah tangga dapat menghasilkan pendapatan yang sangat menguntungkan. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama mengubah cara berpikir kita untuk mengurangi penggunaan bahan bakar minyak dan gas bumi dan beralih untuk menggunakan energi alternative seperti biofuel di atas.

Oleh : Giffari Muslih (Staff Sosmasy KAMMI Bandung 2016-2018)

Daftar Pustaka
Widmer, Petra.2007.Hak Konsumen dan Ekolabel.Kanisius:Yogyakarta
Thoy Kong, Gan.2010.Peran Biomassa Bagi Energi Terbarukan.Elex Media Komputindo:Jakarta
Wikipedia Indonesia, Sumber Daya Alam, Ensiklopedia Bebas http://id.wikipedia.org/wiki/Sumber_daya_alam (diakses 28 November 2013 12.48 WIB)
Chem-is-try, Teori Pembentukan Minyak Bumi dan Gas Alam, Situs Kimia Indonesia. http://www.chem-is-try.org/artikel_kimia/teknologi_tepat_guna/teori-pembentukan-minyak-bumi-dan-gas-alam/ (diakses 30 November 2013 05.28 WIB)
Indomigas. Sekilas Tentang Biofuel. http://www.indomigas.com/sekilas-mengenai-biofuel/ (diakses 30 November 2013 06.00 WIB)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*